6 cara hemat belanja online saat flash sale

Situs e-commerce atau situs belanja online semakin bermunculan belakangan ini. Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee adalah beberapa situs e-commerce  terbesar di indonesia.
Belanja semakin mudah dan dapat dilakukan kapan saja. Tidak jarang juga untuk mempromosikan situs mereka, perusahaan – perusahaan ini memberikan diskon besar – besaran pada situs mereka.
Bahkan untuk mendukung peningkatan transaksi online tiap bulannya mereka mengadakan flash sale.
Diskon yang besar dan kemudahan untuk berbelanja memicu minat kita untuk berbelanja bahkan disaat kita tidak membutuhkan barang yang kita beli.

Meskipun kita mendapatkan potongan harga yang lumayan besar, tetap saja pemborosan namanya kalau kita membeli barang yang tidak kita butuhkan. Kita harus bisa mengontrol pengeluaran dan menyusun rencana keuangan kita.

1.  Beli barang sesuai kebutuhan dan bukan kemauan.

6 cara hemat belanja online saat flash sale
Ilustrasi: Pexels

Kalau mengikuti kemauan pasti tidak akan ada habisnya. Karena pada dasarnya manusia tidak akan pernah puas. Pikirkan kembali apakah barang yang akan kita beli benar – benar kita butuhkan atau tidak. Jangan membeli barang karena hanya harga murah, karena itu merupakan pemborosan.

Bukan berarti kita tidak bisa membeli apa yang kita inginkan, tapi dikurangi dan sesuaikan dengan apa yang lebih kita butuhkan.

2. Kalau ada diskon, jangan lihat berapa besar potongan harga yang diberikan tapi berapa banyak yang kita keluarkan.

6 cara hemat belanja online saat flash sale
Ilustrasi: Pixabay

Sebesar – besarnya sebuah potongan harga, tetap saja kita harus mengeluarkan uang. Kalau kita membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan, kita bukan menghemat tapi kita mengeluarkan uang dalam jumlah lebih kecil dan pada akhirnya kita mengurangi keuangan kita.

3. Tentukan nilai suatu barang bukan dari harganya.

Ilustrasi: Pixabay

Suatu barang akan sangat bernilai apabila kita benar – benar membutuhkannya.  Bahkan semahal apapun barang itu kalau memang kita membutuhkannya kita akan rela mengeluarkan uang berapapun juga. Jadi jangan buat keputusan kita membeli barang berdasarkan harganya. Saat kita membeli barang dengan harga murah belum tentu nilainya besar untuk kita.

4. Belanja untuk persediaan harus sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebih.

6 cara hemat belanja online saat flash sale
Ilustrasi: Pexels

Bisa saja kita tidak membutuhkan barang itu sekarang tapi bisa berguna dikemudian hari. Tetap saja kita tidak boleh berbelanja secara berlebihan. Apalagi kita membeli barang yang memiliki masa kadaluarsa.
Tetap berbelanja secukupnya dan jangan beli dalam jumlah banyak hanya karena murah.

5.  Perhatikan kondisi keuangan kita sekarang.

Ilustrasi: Pixabay

Kondisi keungan bisa saja berubah setiap saat. Buat rencana keuangan bulanan untuk mengatur pengeluaran kita. Jangan sampai kita melebihi batas pengeluaran kita karena tergoda potongan harga yang besar. Akan sangat merugikan kalau kita membeli suatu barang yang tidak kita butuhkan dan ternyata muncul keadaan darurat yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan sejumlah uang.

6. Masih ada kesempatan selanjutnya.

Ilustrasi: Pexels

Diskon atau flash sale di situs belanja online setiap bulannya pasti ada. Kalaupun sudah tidak ada, di momen – momen tertentu seperti lebaran dan akhir tahun pasti akan ada program potongan harga.

Sesuaikan kebutuhan dan kondisi keuangan saat berbelanja online, masih ada kesempatan selanjutnya apabila barang itu belum benar – benar kita perlukan atau kondisi keuangan yang ketat.

Program diskon besar – besaran  ataupun flash sale akan menimbulkan rasa terdesak untuk kita segere berbelanja sebelum kehabisan. Kita harus bisa berpikir panjang dan mengatur rencana pengeluaran keuangan kita.
Bukan berarti kita tidak boleh berbelanja online, tapi lebih memperhitungkan nilai suatu barang yang kita beli dan lebih bijak dalam mengatur keuangan.

Comments