Orang yang berbuat baik itu sudah biasa. Banyak orang disekeliling kita yang kalau kita lihat sekilas merupakan pribadi yang baik.
Suka menolong orang, ramah, rajin beribadah, bersedekah, dan banyak lagi. Tapi orang itu tidak bisa kita nilai hanya dari kebaikannya saja. Banyak aspek yang harus diperhatikan untuk menilai seseorang dengan baik.
Terkadang kita sendiri saja kurang mengenal diri kita dengan baik, aplagi kalau harus menilai orang lain.
Salah satu aspek yang krusial untuk diperhatikan adalah sifat buruk seseorang. Tidak perduli sebaik apapun orang tersebut kalau dia memiliki sifat yang sangat buruk, semua kebaikan dia akan tertutupi.
Sifat dan perilaku baik itu bisa dipelajari dan menjadi kebiasaan, sementara sifat buruk biasanya adalah berasal dari sifat dasar seseorang. Kita akan lebih mengenal seseorang kalau kita mengetahui sifat buruknya.


1. Sifat baik bisa berdasarkan asas manfaat.

5 alasan kenapa kita harus menilai seseorang dari sifat buruk yang dia miliki
Ilustrasi: The Great Gatsby

Terkadang orang berbuat baik itu karena memang ada yang diinginkan oleh dia. Setelah apa yang diinginkan didapatkan, kebaikan itu akan menghilang.
Kebaikan bisa saja dibuat – buat sesuai dengan kebutuhan orang. Mereka akan menggunakan cara apapun termasuk menebar kebaikan ke semua orang. 
Jadi bisa saja kebaikan itu palsu dan sementara, tidak mencerminkan sifat asli seseorang.


2. Menerima sifat buruk lebih susah daripada menerima sifat baik.

5 alasan kenapa kita harus menilai seseorang dari sifat buruk yang dia miliki
Ilustrasi: The Great Gatsby

Semua orang dapat dengan mudah menerima kebaikan seseorang. Tapi untuk menerima sifat buruk seseorang tidak semuanya bisa.
Kita harus bisa menilai orang melalui sifat buruknya, karena itu adalah sifat dasar seseorang yang membentuk karakter dirinya. Apalagi kalau seseorang tersebut adalah orang – orang terdekat kita.
Kita harus belajar untuk menjalani relasi dan menerima sifa buruk dia.

Baca Juga:

5 Penjelasan kenapa mundur bukan berarti menyerah

5 Kenyataan pahit dalam hidup yang sering kita temui

5 Rasa takut yang ada saat menjalani kehidupan

3. Semua orang bisa berbuat baik.

5 alasan kenapa kita harus menilai seseorang dari sifat buruk yang dia miliki
Ilustrasi: The Great Gatsby

Kebaikan seseorang bisa saja karena kebiasaan dan sudah menjadi rutinitas dia. Seseorang bisa menjadi pribadi yang baik, tetapi sifat buruknya itu tetap akan ada. Kita tidak bisa menilai seseorang dengan kebaikannya saja, karena itu terlalu umum dan kebanyakan orang pasti bisa berbuat baik.
Semua orang bisa berbuat baik, tapi tidak semua orang mempunyai sifat buruk yang sangat mengganggu.

4. Karakter asli seseorang terlihat dari sifat buruknya.

5 alasan kenapa kita harus menilai seseorang dari sifat buruk yang dia miliki
Ilustrasi: The Great Gatsby

Kita akan benar – benar mengerti seseorang dari sifat buruknya. Kita akan mengetahui bagaimana dia bermasyarkat, berkomunikasi, menghadapi masalah disaat sifat buruknya keluar. Memang betul kebaikan juga bagian dari karakter seseorang, tetapi pasti kita akan lebih fokus pada sifat buruknya.
Orang yang memiliki berbagai macam kebaikan bisa berubah menjadi tidak menyenangkan apabila memiliki satu sifat yang sangat buruk.

5. Menjadi pelajaran untuk kita.

5 alasan kenapa kita harus menilai seseorang dari sifat buruk yang dia miliki
Ilustrasi: The Great Gatsby

Dengan menilai seseorang melalui sifat buruk mereka, kita jadi lebih mengenal diri orang seperti apa. Kita akan belajar cara menghadapi dia. Apalagi kalau kita harus berkomunikasi dan menghadapi dia dari hari kehari. Dan, lebih penting lagi bisa menjadi pelajaran untuk kita agar menghindari sifat buruk tersebut.
Ini akan berguna apabila nantinya bertemu dengan orang yang sifat nya sedikit mirip dengan yang terdahulu.
Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari seseorang. Tidak hanya sifat baiknya, tapi juga keburukannya. Sifat baiknya bisa kita tiru, dan sifat buruknya kita hindari.

Kita tetap harus melihat kebaikannya juga dan tidak melihat buruknya saja.
Sifat baik memang penting. Tapi, lebih baik kita benar – benar menilai seseorang dari berbagai aspek. Karena manusia itu rumit, dan tidak mudah ditebak.
Dengan menambahkan penilaian dari sisi buruknya, kita akan lebih mengenal dalam seseorang.

Comments