Konflik akan terjadi apabila dua hal yang berbeda saling bergesekan. Dalam hal apapun pasti akan ada pertentangan. Hanya saja skalanya tentu berbeda.
Konflik – konflik yang bermunculan dalam hidup ini adalah hal yang wajar, karena tiap orang memiliki cara pandang dan pemikiran yang berbeda. Tidak ada yang salah ataupun benar, hanya yang paling efisien dan disepakati bersama.
Ini bukanlah hal yang buruk, justru akan sangat aneh apabila semuanya langsung mencapai kesepakatan tanpa adanya pro dan kontra. Memang yang namanya konflik itu pasti bisa membuat pertikaian besar kalau didiamkan.
Tapi, dengan solusi yang tepat sebuah konflik terkadang menjadi kunci penting sebuah terobosan.

1. Konflik dengan solusi yang tepat akan sangat bermanfaat.

5 hal yang bisa kita pelajari dari sebuah konflik
Ilustrasi: The Social Network

Dengan adanya konflik, kita akan dituntut untuk mencari jalan keluar yang terbaik. Bukan hanya terbaik menurut kita tapi juga yang dianggap baik menurut semua orang.
Solusi yang efektif adalah solusi yang tidak hanya sekedar menyelesaikan masalah, tapi juga mengeliminasi resiko yang ada ataupun masalah lain yang timbul setelah solusi diberikan.

2. Mempersiapkan kita untuk masalah yang akan datang.

5 hal yang bisa kita pelajari dari sebuah konflik
Ilustrasi: The Social Network

Dengan menyelesaikan permasalahan yang ada sekarang, kita akan banyak belajar disaat mencari solusi ataupun tentang solusi yang kita berikan.
Hal ini akan mempersiapkan kita akan masalah dikemudian hari. Walaupun permasalahan itu tidak akan sama tapi kita akan lebih siap untuk menghadapinya.

3. Akan mempererat hubungan relasi kita.

5 hal yang bisa kita pelajari dari sebuah konflik
Ilustrasi: The Social Network

Percaya atau tidak, bahkan disaat kita berseteru, kita akan menjadi lebih erat dengan seseorang. Terlebih lagi kalau kita menemukan solusi yang bisa disepakati bersama. Baik itu dalam hal pekerjaan, keluarga, dan lainnya.
Intensitas komunikasi dan pikiran kita yang terfokus pada masalah tersebut, akan membuat kita secara tidak sadar akan menjadi lebih dekat dengan orang tersebut.

4. Dapat membantu kita lebih mengenal seseorang.

5 hal yang bisa kita pelajari dari sebuah konflik
Ilustrasi: The Social Network

Disetiap konflik yang ada pasti akan ada pergesekan yang menyebabkan emosi seseorang meluap. Disaat seperti itulah terkadang sifat asli seseorang akan terlihat. Sisi baik dan buruk mereka akan keluar disaat kita mencari solusi dari permasalahab yang ada. Kita akan lebih mengenal orang itu sepenuhnya pada kondisi ini.

5. Dapat memacu perkembangan kita.

5 hal yang bisa kita pelajari dari sebuah konflik
Ilustrasi: The Social Network

Dalam menghadapi konflik, terkadang kita akan mendapatkan kritikan dari orang yang bertentangan dari kita. Memang terkadang terkesan seperti hujatan. Tapi kalau kita bisa mengambil sisi positifnya, omongan oran tersebut dapat membantu kita menjadi lebih baik. Kita dapat mengubah kritik pedas itu menjadi kritik yang membangun. Tidak hanya itu, tapi kita juga dapat belajar saat kita menyadari apa yang menjadi kekurangan kita saat mengatasi permasalahan itu.

Konflik yang terjadi saat menyelesaikan suatu permasalahan memang bagus. Tetapi terkadang ada baiknya kita hindari juga. Karena, masalah yang berkepanjangan tanpa solusi malah akan menimbulkan permasalahan baru.
Tapi memang konflik itu dibutuhkan asalkan diiringi solusi yang baik dan cara kita menghadapinya.

Comments