Yang namanya perubahan pasti ada dan tidak bisa dihindari. Aplagi yang namanya manusia, pasti akan selalu berubah. Perubahan pada lingkungan dan kehidupan juga sumbernya berasal dari manusia. Jadi jangan kaget kalau kita bertemu dengan seseorang yang bisa berbeda total dengan yang dulunya kita kenal. Perubahan pada diri manusia ini juga banyak bentuknya, tidak hanya sifat mereka yang berubah. Dipicu oleh berbagai macam hal, manusia akan banyak berubah dan tidak bisa kita tebak. Sewaktu – waktu seseorang bisa saja berubah. Contoh yang paling mudah adalah keinginan kita untuk makan sesuatu. Dalam hitungan jam saja keinginan itu bisa berubah sangat drastis. Baik itu disebabkan oleh keinginan yang muncul tiba – tiba, ataupun masukan dari luar.
Beberapa diantara perubahan itu akan kita bahas dibawah ini.

1. Perubahan sifat.

Ilustrasi: 22 Jump Street

Ini adalah perubahan yang paling mendasar dari sesorang. Seiring dengan menjalani kehidupan, kita akan menemui berbagai macam masalah dan kejadian. Baik perkara kecil maupun besar akan berperan dalam mempengaruhi perubahan sifat pada manusia. Mungkin yang dulunya pemarah sekarang lebih banyak bersabar, atau yang dulu berjiwa pemimpi sekarang lebih realistis. Memang sifat dasar seseorang tidak akan mudah berubah dan cenderung akan bertahan. Tetapi sifat – sifat kecil yang akan berubah dan membentuk karakter seseorang.

2. Perubahan gaya hidup.

Ilustrasi: 22 Jump Street

Perubahan gaya hidup bisa dipengaruhi oleh faktor finansial dan lingkungan. Kita bisa saja terpengaruhi oleh gaya hidup lingungan pergaulan sekitar kita. Demi lebih bisa membaur dengan lingkungan kita berada sekarang, terkadang kita akan mengikuti kebiasaan – kebiasaan mereka. Secara perlahan gaya hidup tersebut malah menjadi bagian hidup kita.
Bisa juga dengan keadaan finansial, baik itu meningkat ataupun memburuk. Kita akan mengikuti gaya hidup sesuai dengan kemampuan finansial kita. Walaupun tidak jarang kita perhatikan banyak juga orang yang memaksakan gaya hidup tidak sesuai dengan keadaan finansial mereka di waktu dan lingkungan tertentu. Tapi, dibalik semua itu kita akan tetap kembali hidup sesuai dengan kemampuan kita.

3. Perubahan pandangan hidup.

Ilustrasi: 22 Jump Street

Seiring dengan bertambah dewasanya kita, kita akan lebih bijaksana dalam menjalani hidup. Berbagai macam pengalaman mengajarkan kita banya hal dan mengubah kita. Kita juga akan lebih bijaksana dalam mengambil keputusan dan menilai sesuatu. Yang dulunya kita memandang sesuatu dari satu perspektif, sekarang kita akan memandang dari berbagai perspektif dan lebih objektif dalam memberi penilaian.
Seseorang akan menjadi lebih matang dengan banyaknya pengalaman dan masalah yang mereka temui.

4. Perubahan pada cara berkomunikasi.

Ilustrasi: 22 Jump Street

Di usia muda seringkali kita menyampaikan ide dan pendapat tanpa berpikir panjang. Dan, tidak jarang juga apa yang kita sampaikan itu langsung ditolak bukan karena isinya, tapi cara penyampaiannya. Padahal bisa saja ide dan pendapat kita itu sangat bagus. Tapi, menjadi sia –sia karena cara penyampaiannya yang kurang efektif. Mungkin ini dianggap sepele oleh beberapa orang, tapi nyatanya cara berkomunikasi sangatlah penting. Dengan komunikasi kita dapat berkordinasi dan berkerja sama. Seiring dengan banyaknya kegagalan ataupun kekurangan saat berkomunikasi, seseorang akan belajar untuk lebih memahami lawan bicaranya.
Kita akan lebih bisa menilai dan memahami seseorang untuk menentukan bagaimana cara yang paling efektif menyampaikan pesan yang kita inginkan.
Karena pada dasarnya manusia tidak akan langsung melihat apa yang disampaikan, tetapi lebih dulu melihat apa yang ada didepan mata. Yaitu, sang pemberi pesan.

5. Perubahan dalam pergaulan.

Ilustrasi: 22 Jump Street

Kita pastinya senang mempunyai banyak teman. Saling berbagi cerita bahkan beraktivitas bersama. Tetapi dengan bertambahnya tanggung jawab dan aktivitas yang semakin padat, seseorang akan membatasi lingkup pergaulannya. Bukan berarti tidak mau berteman dan memusuhi orang lain. Tapi, lebih memberikan batas bagaimana dia akan menjalin relasi dengan orang – orang sekitarnya. Orang yang memberi dampak negatif dan buruk untuk kehidupan akan lebih dihindari. Aktivitas – aktivitas yang tidak terlalu bermanfaat akan dikurangi, dan lebih memilih sesuatu yang dapat membantu dirinya berkembang.
Terkadang akan terkesan seperti orang yang tidak ingin bersosialisasi, tetapi itu adalah resiko yang kita ambil saat ingin menjadi lebih baik.

Perubahan memang tidak selamanya baik. Banyak juga orang yang berubah menjadi lebih buruk. Tapi, semua itu adalah pilihan, dan kita lah yang menentukan untuk menjadi lebih maju atau malah mundur.

Comments