https://www.pexels.com/photo/apps-blur-button-close-up-267350/

Perkembangan teknologi bbeberapa tahun belakangan ini sangat pesat. Komunikasi menjadi lebih mudah, yang dulunya membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong untuk berkomunikasi dengan orang yang berbeda daerah, sekarang dengan mudah sudah dapat dilakukan menggunakan video call. Berbagi informasi pun semakin mudah dengan penggunaan media sosial yang semakin luas.
Walaupun banyak orang yang memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk hal – hal yang negatif, banyak juga keuntungan yang diberikan oleh perkembangan ini.

1. Komunikasi yang lebih murah.

Ilustrasi: Pexels

Di era data seperti sekarang ini semuanya menjadi jauh lebih murah. Dulunya yang ingin berkomunikasi dengan orang yang jauh harus menggunakan koneksi telepon, sekarang bisa menggunakan Voip (voice over internet protocol) yang lebih murah. Hal ini dikarenakan perbandingan harga voice call/sms yang lebih tinggi dengan harga paket data yang disediakan oleh provider. Dengan pemakaiaan data untuk komunikasi yang tidak terlalu besar dan harga paket data yang lebih murah, berkomunikasi antar daerah bahkan antar negara pun menjadi lebih mudah diakses semua orang.

2. Lebih cepat mendapatkan informasi.

Ilustrasi: Pexels

Penyebaran informasi lebih mudah dan cepat dengan keberadaan internet. Bertambahnya situs – situs media online, media sosial, aplikasi chat sangat membantu dalam penyeberan informasi sekarang ini. Sekarang berita – berita terbaru dapat diterbitkan kapan saja, dan dapat diakses dengan mudah. Ditambah lagi dengan media sosial dan aplikasi chat untuk membantu menyebarkan berita – berita tersebut. Walaupun masih banyak penggunaan salah untuk penyebaran informasi salah dan hoax, tetapi banyak juga konten informasi positif dan bermanfaat yang bisa kita dapatkan.

3. Ilmu pengetahuan lebih mudah didapatkan.

Ilustrasi: Pexels

Kalau jaman dulu kita riset harus ke perpustakaan dan mencari buku referensi, sekarang cukup dengan browsing di internet. Contohnya adalah wikipedia. SItus non-profit ini merupakan situs tempat berbagai informasi dikumpulkan menjadi sebuah ensiklopedia digital. Selain itu banyak juga peneliti dan jurnalis yang menerbitkan hasil penelitian dan analisanya secara online. Bahkan di situs seperti youtube, quora, dan sosial media lainnya pun banyak orang yang berbagi ilmu yang mereka punya.
Walaupun pengetahuan ini sangat mudah didapatkan, tetap dibutuhkan penelitian kembali untuk membuktikan kebenarannya. Oleh karena itu kita harus cek beberapa referensi sebelum menyerap pengetahuan yang kita dapatkan dari internet.

4. Peluang industri kreatif yang semakin berkembang.

Ilustrasi: Pexels

Banyak dari kita memiliki minat dan bakat yang terpendam. Tapi dikarenakan tuntutan hidup, banyak yang harus melupakan minat dan impian tersebut untuk berkerja kantoran.
Dengan berkembangnya teknologi, minat dan bakat ini lebih dapat disalurkan, bahkan bisa menjadi mata pencaharian. Mulai dari para pejuang freelance sampai dengan content creator bisa mendaptkan uang dengan menyalurkan bakatnya melalui internet.
Blogger dan youtuber contohnya. Dengan menerbitkan karya mereka secara online mereka dapat dilihat oleh banyak orang, mereka bisa berafiliasi dengan badan usaha untuk melakukan kampanye pemasaran. Masih banyak lagi yang dapat kita salurkan, batasannya hanyalah kreativitas kita.

5. Toko dan jasa berbasis online.

Ilustrasi: Pexels

online shop , e-commerce, transportasi online belakangan ini sudah menjadi bagian keseharia n masyarakat dunia. Tidak hanya menguntungkan para pengguna tetapi juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Di indonesia sendiri yang sedang ramai adalah gojek dan tokopedia. Keduanya adalah perusahaan berbasis digital yang memberikan keuntungan untuk semua pihak. Melalui tokopedia ara pedagang bisa memulai berdagang tanpa membutuhkan modal yang cukup besar, dan kita pun dapat lebih mudah mendapatkan barang yang kita butuhkan. Melalui gojek kita dapat dengan mudah mendapatkan transportasi tanpa harus menunggu di tempat tertentu dengan harga terjangkau. Sementara pihak pengemudi mendapatkan bantuan pencarian pelanggan serta kompensasi untuk jasa yang mereka berikan.
Selain itu masih banyak lagi jasa dan toko berbasis online yang mulai menjamur. Beberapa diantaranya adalah fintech dengan fokus pinjaman online, portal untuk pencarian jasa yang spesifik, dan edukasi berbasis online.
Industri ini masih terus berkembang dan memiliki banyak potensi untuk maju.

Dibalik semua kemudahan dan manfaat yang kita rasakan akibat perkembangan teknologi, tentunya banyak juga hal buruk dan negatif yang datang beriringan. Karena hal apapun itu selalu datang dengan dua sisi, baik dan buruk. Tapi sebaiknya kita lebih fokus pada manfaatnya untuk perkembangan kehidupan dan menjadikan sisi buruknya sebagai pembelajaran kita.

Comments