5 penjelasan kenapa kita tidak boleh melupakan masa lalu

Kita seringkali merasa malu sendiri kalau sedang mengingat masa lalu yang menggelikan. Bisa saja kita teringat kesalahan atau kebodohan kita di waktu lampau. Kita pasti berpikir kalau saja bisa merubah masa lalu, pasti kita gak akan melakukan hal bodoh itu. Tetapi yang namanya masa lalu tidak akan bisa diubah, dan orang cenderung mencoba mencari cara melupakan masa lalu yang tidak menyenangkan. Mungkin kalau itu hanya hal bodoh yang bisa ditertawakan sekarang, kita akan lebih mudah menghadapi dan melupakannya. Tapi, kalau hal tersebut adalah perkara fatal dan merubah hidup kita selamanya, orang pasti berusaha sangat keras melupakannya.

Kesalahan, kegagalan, kekecawaan, serta masih banyak lagi yang lainnya merupakan rangkaian kejadian di masa lalu yang sangat ingin orang lupakan. Terkadang bukan hanya karena menyesal, tapi juga karena malu kenapa hal itu bisa terjadi, padahal sangat jelas terlihat dan bisa dihindari.

Sebenarnya masa lalu itu tidak boleh dilupakan, justru harus kita hadapi. Karena sejauh apapun kita berlari dari masa lalu dan mencoba melupakannya, masa lalu itu adalah bagian dari kehidupan kita dan akan timbul lagi suatu saat di kehidupan kita.

1. Masa lalu merupakan komponen yang membentuk kita sekarang.

Diri kita yang sekarang tidak akan ada tanpa adanya kita yang dulu. Kita yang sekarang lebih bijak dan lebih baik merupakan hasil pembentukan diri kita di masa lampau. Sikap dan cara kita menilai sesuatu akan berubah seiring waktu berjalan. Terlebih lagi setelah melewati masa – masa sulit.

Kita akan lebih bersyukur dalam menjalani hidup karena kita mengingat apa saja yang sudah kita lewati di masa lalu. Bisa saja banyak orang yang hormat dan menyukai kita yang sekarang, dan itu semua tidak akan terjadi apabila kita tidak menjalani masa lalu kita.

2. Tanpa adanya masa lalu kita tidak akan ada di situasi sekarang.

Kalau kita sekarang sudah hidup berkecukupan, mempunyai keluarga yang menurut kita sempurna, itu semua tidak lepas dari rangkaian kejadian yang lalu. Kalau saja kita tidak mengalami hal – hal tersebut, mungkin kita tidak di situasi yang sekarang. Kita berpikir keadaan sekarang bisa lebih baik kalau kita bisa memperbaiki kejadian buruk yang sudah lewat. Tapi sebenarnya tidak begitu, bisa saja keadaan akan menjadi lebih buruk, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi setelah itu.

Dengan melihat apa yang kita miliki sekarang, kita akan lega bahwa kita telah mengalami kejadian – kejadian buruk di masa lalu. Rangkain kejadian dan pengalaman itu yang membawa kita ke situasi yang sekarang.

Baca Juga:

5 kenyataan pahit dalam hidup yang sering kita temui

8 Pelajaran yang bisa kita ambil dari kegagalan di masa lalu

5 pelajaran yang didapatkan saat gagal menjalin hubungan di usia muda

3. Kita tidak bisa terus menghindari masa lalu.

Bagaimanapun kita mencoba melupakan dan lari dari masa lalu kita, masa lalu itu pasti akan menghapiri kita kembali. Entah dalam bentuk pertanyaan orang ataupun orang dari masa lalu kita yang muncul kembali. Makanya sebaiknya kita harus bisa menghadapi dan berdamai dengan masa lalu kita. Bukan berarti kita harus mengulangi ataupun menjalani kembali masa lalu itu, tapi setidaknya kita sudah bisa biasa saja apabila masa lalu itu datang kembali.

4. Guru terbaik adalah pengalaman dan kegagalan.

Banyak yang bisa dipelajari dari kegagalan dan pengalaman buruk yang sudah lewat. Kita bisa mengembangkan diri kita dan menghindari kesalahan yang sama. Apapun yang kita pelajari secara teori akan sangat berbeda dengan pengalaman nyata yang pernah kita hadapi. Kita harus jatuh untuk bisa bangkit, dan kita harus berkali – kali gagal dan mengalami pengalaman tidak enak, untuk menjadi lebih tangguh dan pantang menyerah.

Masa lalu tidak bisa diubah. Semua tergantung kita bagaimana menyikapinya. Jadikan pelajaran agar semua yang sudah terjadi tidak sia – sia.

5. meratapi masa lalu tidak akan mengubah apapun.

Berulang kali di atas membahas perihal masa lalu tidak bisa diubah. Jadi lebih baik berhenti fokus dengan masa lalu dan mulai fokus dengan yang sekarang agar bisa menata masa depan yang lebih baik. Berhenti terlalu banyak memikirkan ataupun mencoba melupakan masa lalu. Jangan menjadi takut akan kejadian yang sudah lampau dan malah merusak yang ada sekarang. Dulu dan sekarang sudah berbeda. Tidak ada yang bertahan selamanya dan semuanya pasti akan berubah. Hadapi masa lalu kita, dan jadikan pelajaran untuk fondasi kehidupan kedepannya.

Sangat wajar kalau banyak orang yang mencari cara melupakan masa lalu yang buruk. Tapi kalau dipikir – pikir lagi diantara hal buruk itu juga pasti ada yang indah untuk diingat. Dan juga dari hal buruk tersebut tidak jarang menciptakan sesuatu yang lebih baik.
Kalau menurut kalian bagaimana, haruskah kita melupakan masa lalu atau tetap harus kita ingat?
Ditunggu pendapatnya di kolom komentar ya!

Comments