Sesorang mengalami rasa takut itu wajar. Rasa takut disebabkan cemas dan khawatir yang ada di dalam pikiran. Dari sekedar takut kegelapan dan binatang, sampai dengan rasa takut yang sudah masuk kategori phobia. Setiap orang pasti punya sesuatu yang mereka takuti masing – masing, karena setiap manusia itu berbeda. Rasa takut itu jugalah yang sebagian kecil membentuk pribadi seseorang. Tetapi selain rasa takut yang spesifik pada setiap orang, ada rasa takut yang pasti ada di setiap orang, termasuk kita sendiri.

1. Takut pada perubahan

Ilustrasi: Stranger Than Fiction

Kita pasti pernah dengar yang namanya zona nyaman. Zona dimana kita merasa sudah familiar dengan lingkungan sekitar dan apa yang kita hadapi. Segalanya sudah menjadi rutinitas sehari – hari yang kita jalani. Kita pasti akan merasa sangat khawatir apabila semua itu akan berubah. Apalagi perubahan itu tidak sesuai dengan yang kita bayangkan atau kita tidak mengerti. Karena, kita tidak tahu apa yang akan kita hadapi. Rutinitas pun akan berubah. Perubahan ini akan mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita. Begitu pula juga dari dalam diri kita sendiri. Kita sendiri juga takut untuk berubah ataupun mengubah sesuatu yang ada dalam kehidupan kita. Kita akan takut memulai sesuatu yang baru karena kita tidak tahu betul perubahan itu akan membawa kita kemana. Yang sebenarnya kita tidak akan bisa mendapatkan sesuatu yang baru sebelum kita melepas yang lama.

2. Takut jatuh sakit

Ilustrasi: Stranger Than Fiction

Tidak ada orang yang mau jatuh sakit. Pastinya kita ingin kita selalu fit dan sehat. Kita akan selalu menjaga kesehatan kita dengan berbagai cara. Olahraga, mengatur diet, pola tidur, dan banyak hal lainnya. Sebagian besar rasa takut ini bisa saja ditimbulkan dari pengalaman melihat orang – orang terdekat saat mengalami penyakit tertentu ataupun mendapatkan informasi dari media.  Terlebih lagi terhadap penyakit yang mematikan seperti sakit jantung dan kanker.

Baca Juga:

5 Penjelasan kenapa mundur bukan berarti menyerah

5 Kenyataan pahit dalam hidup yang sering kita temui

9 perilaku kecil yang berdampak besar pada lingkungan

3. Takut gagal.

Ilustrasi: Stranger Than Fiction

Walaupun kita sangat takut akan kegagalan pasti kita akan tetap mengalaminya. Dan, rasa takut ini pasti akan selalu ada di setiap orang. Walaupun berbeda skala, tetapi tetap saja rasa khawatir itu akan muncul di setiap kita melakukan sesuatu baik di bidang pekerjaan ataupun kehidupan sehari – hari. Bahkan dipermasalahan sama yang pernah kita lalui, rasa takut itu biarpun kecil pasti tetap akan timbul. Perasaan takut gagal ini juga akan mengurung kita untuk tetap di zona nyaman kita dan menutup perkembangan diri kita. Sebagian besar dari kita akan lebih fokus pada resiko kegagalan daripada apa yang dapat kita peroleh selain dari kegagalan.

4. Takut dibohongi.

Ilustrasi: Stranger Than Fiction

Kita pasti pernah dibohongi atau bahakn ditipu oleh seseorang. Hanya dengan dibohongi dan ditutupi dari suatu keadaan saja kita sudah merasa kecewa, apalagi sampai ditipu yang menyebabkan kerugian. Terlebih lagi kalau kita pernah dibohongi dan ditipu.
Bukan berpikir negatif, tapi kita pasti akan selalu was was dan curiga apabila dihadapkan dengan sesuatu tidak kita pahami atau mempunyai pengalaman buruk.

5. Takut tertimpa musibah.

Ilustrasi: Stranger Than Fiction

Ditinggal selamanya oleh orang terdekat, tutup usia, bencana alam, kehilangan pekerjaan adalah salah satu contoh musibah yang sangat ditakuti oleh kita semua. Kita tentunya tidak mau tertimpa musibah dalam bentuk apapun. Walaupun hal buruk dapat memberikan pelajaran dan memunculkan sesuatu yang baik, tetap saja kita pasti tidak mau mengalami hal buruk pada kehidupan kita. Siapapun tidak dan tidak akan pernah siap untuk mengalami musibah.


Rasa takut itu wajar dan pasti ada di setiap orang. Jangan pernah dikontrol oleh rasa takut, tetapi gunakan rasa takut itu agar menjadi motivasi kita dalam menjalani hidup. Kuasai, kendalikan, dan taklukkan rasa takut kita. Hadapi dan jangan hindari.

Comments