https://www.pexels.com/photo/girls-on-desk-looking-at-notebook-159823/

Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak orang yang merasa pendidikan formal itu tidak terlalu penting. Pendidikan dengan mudah didapatkan secara online, relasi dapat dijalin dengan media digital, ilmu pengetahuan bisa dicari melalui internet. Ditambah lagi dengan cerita cerita sukses para pengusaha yang tidak mengenyam pendidikan formal.
Tapi, dibalik semua itu sebenarnya banyak hal yang bisa didapatkan melalui jenjang pendidikan formal seperti sekolah dan perkuliahan.
Berikut adalah segelintir contohnya.

1. Bertemu dengan banyak orang

Ilustrasi: Pexels

Dengan kita bersekolah otomatis kita akan bertemu banyak orang. Dan, yang menariknya orang – orang tersebut berasal dari golongan dan latar belakang yang berbeda. Hal ini akan membantu kita lebih mengerti tipe – tipe orang dan lebih memahami orang – orang disekitar kita.
Dengan kita bersekolah otomatis kita akan bertemu banyak orang. Dan, yang menariknya orang – orang tersebut berasal dari golongan dan latar belakang yang berbeda. Hal ini akan membantu kita lebih mengerti tipe – tipe orang dan lebih memahami orang – orang disekitar kita.

2. Pertemanan yang lebih erat

Ilustrasi: Pexels

Berbeda dengan pertemanan yang dimulai dari internet, pertemanan yang dijalin secara langsung di masa sekolah akan lebih erat. Melalui pendidikan formal selama masa sekolah kita akan menjalani berbagai macam hal bersama –sama. Seperti dihukum oleh guru, membolos dari sekolah, bersaing mendapatkan nilai yang lebih tinggi.
Ya, walaupun ada beberapa yang sebaiknya tidak dilakukan tapi tetap hal – hal tersebutlah yang dapat mempererat pertemanan.

3. pengalaman bersosialisasi

Ilustrasi: Pexels

Memang benar sih jaman sekarang bersosialisasi bisa melalui media digital. Tapi, pengalaman yang didapatkan akan jauh berbeda. Kita cenderung lebih bisa berekspresi melalui media digital seperti aplikasi chat dan media sosial, tapi akan jadi sangat berbeda saat berhadapan langsung.
Dengan terbiasa bersosial secara langsung sejak dini akan melatih kita untuk menjadi apa adanya dan siap untuk menghadapi berbagai macam hal dikemudian hari. Misalnya, presentasi bisnis dan memimpin sebuah proyek. Hal – hal seperti itu sangat menuntut kita untuk mahir dalam bersosialisasi dan berorganisai dengan banyak orang.

4. menambah wawasan

Ilustrasi: Pexels

Kita akan mempelajari banyak hal dari orang – orang dan kejadian yang kita alami saat masih sekolah. Bisa saja kita akan mempelajari hal baru dari teman kita yang mempunyai hobi tertentu, atau adat istiadat suku tertentu dari teman kita.
Wawasan baru ini bisa saja akan membantu kita dikemudian hari disaat kita berhadapan dengan orang baru dengan suku dan etnis yang berbeda.

5. mendapatkan ilmu – ilmu dasar

Ilustrasi: Pexels

Betul, ilmu dasar yang sepertinya tidak akan digunakan untuk dunia kerja atau kehidupan nantinya. Tapi sebenarnya ilmu – ilmu dasar ini secara tidak sadar akan menjadi landasan kita dalam memperdalam ilmu pengetahuan kita.  Bahkan secara tidak sadar kita menggunakan matematika dasar dalam kehidupan sehari – hari. Contohnya saat menghitung harga bahan pokok, jarak yang ditempuh ke kantor, total pengeluaran saat makan di restoran, atau ongkos yang harus dikeluarkan saat berpergian.

6.  Memperluas relasi dan koneksi

Ilustrasi: Pexels

Mungkin saat sekolah kita belum tau teman – teman kita akan menjadi apa dan kenal dengan siapa saja. Tapi, bisa saja dikemudian hari teman – teman masa sekolah tersebut menjadi kunci ataupun penghubung kita dengan sesuatu yang ingin kita raih. Mulai dari relasi bisnis hingga mencari jodoh.
Bukan berarti hanya memanfaatkan teman disaat kita butuh, kita juga tetap harus menjaga pertemanan kita. Tetapi, setidaknya dengan modal relasi yang dilandaskan pertemanan itu, kita akan lebih mudah untuk kenal banyak orang, dan mungkin akan bisa saling membantu dikemudian hari.

7. Nostalgia

Ilustrasi: Pexels

Hal yang sepertinya tidak penting dan tidak perlu dibicarakan. Tapi sebetulnya kita itu sangat suka bernostalgia. Mulai dari mengingat saat kerja pertama kali, cinta monyet, waktu  masih kurus, membandingkan keadaan dulu dan sekarang, dan masih banyak lagi. Sebagian besar dari hal – hal tersebut akan kita alami saat kita masih bersekolah, baik saat kita sd sampai dengan kuliah. Masa – masa muda yang lepas dan bebas sebelum menghadapi rutinitas dan tanggungan hidup.

Sebenarnya masih banyak lagi hal – hal lain yang bisa kita dapatkan dari pendidikan formal, dan yang disebutkan diatas hanya sebagiannya.
Kalau menurut kamu, apa sih hal yang didapatkan saat menjalani pendidikan formal?

Comments