Semuanya akan berubah. Mulai dari gaya hidup, lapangan pekerjaan, industri bisnis, pola makan, sampai dengan sifat manusia. Semuanya tidak bisa kita hindari dan akan terjadi cepat atau lambat. Terlebih lagi sifat manusia. Manusia sangat penuh dengan spontanitas dan dapat berubah kapan saja. Jangankan dalam hitungan tahun, bahkan dalam hitungan jam saja sesorang dapat berubah. Jadi jangan kaget kalau bertemu dengan teman lama yang bisa saja sangat berbeda dibandingkan mereka yang dulu.
Perubahan – perubahan pada diri orang ini dapat  dipicu banyak hal, baik dari faktor dalam dan luar, yang disadari dan tidak disadari. 
Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu perubahan pada seseorang.

1. Pengalaman buruk

Ilustrasi: 21 Jump Street

Pengalaman buruk adalah pemicu paling besar berubahnya sifat seseorang. Patah hati, kehilangan orang terdekat, kegagalan saat berbisnis, dan masih banyak lagi. Akibat pengalaman buruk itu seseorang akan menjadi lebih defensif dan akan mengubah beberapa sifatnya untuk menghindari pengalaman buruk yang pernah mereka lalui.

2. Mulai berkeluarga.

Ilustrasi: 21 Jump Street

Disaat mulai berkeluarga tanggungan hidup akan bertambah. Baik pria maupun wanita keduanya pasti akan terus berpikir dan berusaha untuk menghidupi anggota keluarganya yang baru. Kebutuhan terus meningkat terkadang sangat sulit diimbangin dengan pendapatan yang terkadang stagnan. Seiring dengan meningkatnya fokus dan usaha saat mencoba memenuhi semua kebutuhan ini sifat manusia juga pasti akan berubah. Mereka akan lebih banyak terpusat pada kegiatan dan interaksi yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

3. Tanggungan hidup.

Ilustrasi: 21 Jump Street

Tidak semua orang dapat menikmati hidup yang berkecukupan secara terus menerus. Mungkin yang dulunya semua biaya ditanggung oleh orang tua sekarang harus ditanggung oleh dirinya sendiri. Misalkan saja ketika orang tua yang menjadi tulang punggung keluarga menghadapi masa pensiun atau meninggal dunia. Tidak jarang seseorang harus diandalkan untuk menjadi tulang punggung keluarga. Baik itu untuk membiaya hidupnya sendiri ataupun anggota keluarga yang masih menjalanin pendidikan ataupun yang tidak berpenghasilan. Dengan tuntutan dan tanggungan lebih seperti ini manusia akan terkadang

4. Perkembangan teknologi

Ilustrasi: 21 Jump Street

Seiring perkembangannya jaman cara hidup sesorang juga berubah. Melalui media digital orang lebih bebas berekspresi dan lebih berani mengutarakan apa yang ada dikepalanya. Yang berawal dari media digital inilah yang akan mempengaruhi cara hidup dan sifat seseorang di kehidupan nyata. Bisa saja sebenarnya sifat ini timbul bukan karena pengaruh dunia digital, tetapi memang sifat yang terpendam hanya saja terpacu saat berinteraksi dan mendapatkan informasi melalui media digital.

5. Pergaulan.

Ilustrasi: 21 Jump Street

Lingkungan baru mempunyai jenis pergaulan yang baru juga. Tentunya di setiap lokasi akan mempunyai lingkungan dan jenis pergaulan yang berbeda. Secara tidak sadar disaat seseorang memasuki lingkungan yang baru dia akan mencoba untuk beradaptasi dan menyelaraskan dirinya agar bisa berbaur dengan lingkungan barunya. Meskipun sifat asli seseorang tersebut tidak akan sepenuhnya menghilang, tapi pasti sebagian besar dirinya pasti akan berubah.

6. Ingin lebih maju.

Ilustrasi: 21 Jump Street

Dititik kehidupan tertentu seseorang pasti akan membandingkan dirinya dengan orang lain. Pencapaian apa yang sudah dia raih dan apa yang orang lain capai. Terlebih lagi kalau dia merasa bahwa dirinya tertinggal jauh dari target yang dia tetapkan, ataupun orang – orang yang menurut dia sejajar dengan dirinya. Hal tersebut biasanya akan memacu seseorang untuk menjadi lebih maju dan lebih baik lagi sehingga dapat mengejar ketinggalan tersebut.

7. Bertambahnya usia

Ilustrasi: 21 Jump Street

Seiring dengan bertambah usianya, semakin tinggi juga jam terbang dan pengalaman dalam hidup seseorang. Seseorang dengan sendirinya akan menjadi lebih bijak dalam banyak hal berdasarkan semua pengalaman yang pernah dia jalani. Ya, walaupun tidak semuanya akan berubah menjadi lebih baik, tapi akan ada beberapa aspek dalam dia menjalani hidup dan mengambil keputusan akan menjadi lebih bijaksana.

Perubahan pada dasarnya adalah hal yang esensial untuk perkembangan kehidupan. Meskipun banyak juga perubahan – perubahan yang bersifat negatif dan merusak, tetapi perubahan tersebut akan datang beriringan dengan beragam hal baik. Oleh karena itu, kita harus lebih siap menghadapi perubahan dari orang – orang disekitar kita, karena kita sendiripun pasti akan berubah tanpa disadari.
Bagaimana menurut kalian, apalagi sih yang kira membuat orang banyak berubah?

Comments