Yang namanya mengerjakan sesuatu pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. Aplagi kalau di masa lalu kita mencoba hal baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Tapi sebenarnya kegagalan ini bukanlah hal yang buruk dan sangat wajar terjadi. Orang tidak akan dapat mengoreksi kesalahannya apabila belum pernah gagal. Dan, orang tidak akan sepenuhnya gagal apabila mereka memperbaiki kesalahan mereka lalu mencoba kembali. Kegagalan yang sebenarnya adalah orang yang berhenti mencoba setelah mengalami kegagalan disaat baru mencoba satu kali.

1. Menghindari kesalahan yang sama

Ilustrasi: The Pursuit of Happyness

Kegagalan akan mengajarkan kita untuk menghindari kesalahan yang sama. Bisa saja selama ini kita melakukan hal yang salah tapi berjalan baik – baik saja. Tetapi akan sangat buruk ketika kita menjalankan hal yang sama tersebut di saat yang krusial. Bisa saja disaat itu kita mengalami kegagalan yang sangat besar. Sebelum itu terjadi ada baiknya kita gagal di perkara yang lebih kecil dan menyadari kesalahan kita.

2. Mencari solusi yang lebih tepat

Ilustrasi: The Pursuit of Happyness

Dengan mengalami kegagalan dan menyadari kesalahan kita, kita akan memperbaikinya dengan mencari solusi yang lebih baik dan tepat. Solusi ini tidak hanya berguna untuk masalah yang ada sekarang, tapi menjadi bekal juga saat menghadapi masalah di kemudian hari. Kita akan lebih berpengalaman dan bisa mengambil keputusan yang tepat untuk masalah tertentu.

Baca Juga:

5 penjelasan kenapa kita tidak boleh melupakan masa lalu

8 hal yang mendefinisikan hidup

7 penyebab perubahan pada hidup seseorang

3. Menyadari kekurangan diri.

Ilustrasi: The Pursuit of Happyness

Kita akan lebih tahu apa yang menjadi nilai lebih kita dan apa kekurangan kita dengan berbagai kegagalan yang pernah kita alami. Kegagalan akan membentuk kita dan membuat kita bisa menentukan apa yang menjadi fokus kita. Kita akan jauh lebih efisien dalam mengerjakan sesuatu ketika kita fokus pada apa yang kita sangat kuasai.

4. Lebih bertanggung jawab.

Ilustrasi: The Pursuit of Happyness

Tentunya kita harus bertanggung jawab atas masalah yang timbul dari kegagalan di masa lalu yang kita alami. Pada awalnya tidak akan mudah, kita akan menerima banyak masukan dan kritik, bahkan hujatan. Tapi perlahan kita akan menjadi lebih bertanggung jawab dengan sesuatu yang dipercayakan kepada kita untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan terjadi kembali.

5. Menjadi lebih tangguh.

Ilustrasi: The Pursuit of Happyness

Rasa kecewa atau malu pasti kita rasakan saat mengalami kegagalan. Apalagi kalau disertai hujatan dan cemooh dari orang sekitar. Tetapi apabila kita dapat menyikapi nya dengan baik, semua itu justru bisa menjadi kritik yang membangun. Kita akan lebih tangguh dan kuat, serta  mencoba terus saat mengalami kegagalan.

6. Beralih ke hal baru yang lebih baik.

Ilustrasi: The Pursuit of Happyness

Setelah gagal berkali – kali di masa lalu kita akan menyadari bahwa mungkin saja apa yang kita kerjakan bukanlah untuk kita. Kita akan belajar melepas dan mencari sesuatu yang lebih baik. Sesuatu yang baru itu justru bisa saja adalah yang paling tepat untuk kita. Karena tiap orang mempunyai keahlian mereka masing – masing. Apa yang bisa dikerjakan dengan sangat baik oleh sesorang belum tentu bisa kita kerjakan. Begitu juga sebaliknya.

7. Mengajarkan lebih ikhlas.

Ilustrasi: The Pursuit of Happyness

Kita juga akan belajar untuk lebih ikhlas melepas sesuatu setelah mengalami kegagalan. Walaupun hal itu adalah sesuatu yang sangat kita impikan dan kita percaya bisa lakukan. Tapi, kenyataannya tidak seperti itu. Setelah mengalami kegagalan kita akan melepas hal yang lama dan menggantinya dengan sesuatu yang baru. Setelah melewati tahap itu, kita akan menyadari bahwa terkadang lebih baik melepaskan dan ikhlas agar bisa mendapat sesuatu yang baru, yang mungkin lebih tepat untuk kita.

8. Kita bukanlah pusat dari segalanya.

Ilustrasi: The Pursuit of Happyness

Setelah melewati segala macam hal yang disebutkan diatas, kita akan lebih mengerti bahwa dunia ini luas dan kita bukan lah yang terbaik ataupun pusat dari segalanya. Akan ada sesuatu yang lebih besar dari kita, orang yang lebih pintar, maupun sesuatu yang tidak bisa kita dalami. Kita akan lebih bijak menjalani kehidupan dan tidak memandang rendah ataupun meremehkan sesuatu yang tidak sesuai dengan jalan pemikiran kita.

Lucu memang, karena terkadang hal – hal baik justru timbul dari kegagalan di masa lalu yang kita alami. Jadi jangan pernah takut gagal dan terus mencoba. Karena semua itu tidak akan sia – sia dan akan menjadi pembelajaran berharga untuk kita. Dan, ada baiknya kita mengalami kegagalan itu di awal – awal kehidupan. Jadi kita akan lebih siap menghadapi hidup.Karena hidup tidak akan lebih mudah dan akan lebih menantang kedepannya.

Comments