Banyak hal yang kita lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup. Tidak hanya secara finansial, tapi juga di sisi kemanusiaan. Mulai dari membuat acara bakti sosial, memberikan zakat, sumbangan, dan masih banyak lagi. Sebenarnya untuk meningkatkan kemanusiaan kita, tidak usah langsung berskala besar dan cukup dimulai dari perilaku kecil.
Terkadang dalam hidup ini kita seringkali terlupa akan hal – hal yang kecil. Hal – hal yang sepele tapi sebenarnya sangat penting untuk dilakukan dalam hidup dan bermasyarakat.
Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tersenyum  dengan lawan bicara.

Ilustrasi: The Interview

Perilaku kecil yang angat mudah untuk dilakukan tetapi sangat sering lupa kita lakukan. Siapapun itu lawan biacaranya usahakan untuk selalu tersenyum. Kita harus selalu ramah dengan semua orang, bahkan yang memusuhi kita sekalipun. Dengan keramahan ini kita akan mempengaruhi orang – orang disekitar kita untuk lebih ramah.

2. Berterima kasih saat dibantu.

Ilustrasi: The Interview

Baik itu setelah kita membeli sesuatu atau meminta bantuan seseorang selalu ucapkan terima kasih. Sebenarnya tidak perlu sampai memberikan imbalan untuk menghargai bantuan atau pemberian sesorang. Cukup dengan ucapan terima kasih saja orang tersebut akan sangat senang karena telah bisa membantu dan merasa diapresiasi .

3. Meminta tolong daripada menyuruh.

Ilustrasi: The Interview

Biasakan untuk meminta tolong, apapun itu bentuknya. Baik itu memberikan instruksi pekerjaan, membagi tugas dalam kelompok, ataupun minta dibelikan sesuatu. Cukup awali dengan kata “tolong”, maka orang tersebut tidak akan merasa dikecilkan dan berturut peran.

4. Menegur jangan membentak.

Ilustrasi: The Interview

Apabila kita melihat ada sesesorang melanggar peraturan, menganggu kenyamanan, ataupun salah dalam mengerjakan sesuatu. Jangan langsung membentak dan memarah – marahi. Cukup tegur dengan perlahan dan ingatkan bahwa yang mereka lakukan itu salah. Kalau langsung memarahi dan membentak bukannya menyelesaikan masalah malah bisa menyulut masalah baru.

5. Beropini jangan menghakimi.

Ilustrasi: The Interview

Terkadang pasti pernah kita lihat sikap – sikap orang yang tidak sejalan dengan pemikiran kita. Tapi selama tidak mengganggu kita secara langsung, lebih baik kita cukup berpendapat dan tidak langsung menghakimi mereka. Karena apa yang menurut kita salah, belum tentu salah juga dimata masyarakat lainnya. Cukup mengingatkan diri sendiri dan orang – orang terdekat agar tidak seperti mereka.

6. Menyapa orang sekitar.

Ilustrasi: The Interview

Siapapun itu ketika kita berpapasan dengan seseorang ada baiknya kita tetap menyapa. Entah itu hanya sekedar mengangguk ataupun tersenyum. Perilaku kecil dalam bentuk keramahan itu akan memberi dampak yang positif pada lingkungan. Terlebih lagi di lingkungan yang hampir tiap hari kamu lewati atau tempati. Bisa saja disaat kita membutuhkan bantuan mereka akan dengan senang hati membantu.

7. Apresiasi akan hasil kerja sesorang.

Ilustrasi: The Interview

Salah atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Bagaimanapun hasil pekerjaan seseorang tetap harus kita apresiasi. Daripada kita marah – marah dan komplain tentang ketidak mampuan mereka dalam mengerjakan sesuatu, lebih baik kita tegur dan bantu untuk memberi masukan bagaimana untuk memperbaikinya. Mereka akan merasa segan dan segera memperbaiki apa yang mereka kerjakan. Tetap ucapkan terima kasih bagaimanapun hasilnya dan minta mereka untuk memperbaiki kesalahan mereka.

8. Membuang sampah pada tempatnya.

Ilustrasi: The Interview

Saat dijalan ataupun ditempat umum rasanya agak malas kalau harus jalan mencari tempat sampah untuk membuang sisa makanan ataupun sampah lainnya. Jadi secara tidak sadar kita seringkali membuang sampah sembarangan. Perilaku kecil ini akan diperhatikan oleh masyarakat banyak. Biasakan untuk menyimpan terlebih dahulu sampah yang kita pegang apabila tidak ada tempat sampah di sekitar kita. Atau, lebih baik lagi apabila segera mencari tempat sampah dan buang sampah pada tempat yang seharusnya.

9. Menghargai semua orang.

Ilustrasi: The Interview

Selalui hargai semua orang dan tetap rendah hati. Jangan pernah menganggap orang yang kelas ekonomi nya, pekerjaannya, pakainnya, tidak setara dengan kita, berarti mereka dibawah kita. Selalu perlakukan mereka sama seperti kamu berhadapan dengan orang lain.
Kita secara tidak sadar terkadang suka membandingkan pencapaian orang dan diri kita sendiri. TIdak jarang juga kita menyombongkan diri kita agar merasa lebih besar daripada orang tersebut.
Apa yang kita miliki sekarang hanyalah sementara, dan kita tidak tahu kedepannya akan bagaimana. Roda kehidupan terus berputar dan kita tidak selamanya di atas.

Perilaku kecil seperti diataslah yang terkadang sering kita lupakan dan abaikan. Sebuah sikap kecil yang berdampak besar. Bukan hanya pada diri kita, tapi juga orang – orang dan lingkungan sekitar kita.
Mulai biasakan agar menjadi bagian dari rutinitas kehidupan dan menjadi contoh bagi orang – orang di sekitar kita.

Comments