Pentingnya etika dan tata krama dalam kehidupan sehari -hari

Etika tata krama dan sopan santun sebenarnya adalah hal mendasar, dan bagian dari kepribadian manusia. Perilaku tersebut biasanya tertanam sejak kecil. Mulai dari didikan orang tua, hingga pengaruh lingkungan sekitar dapat membentuk tata krama dan sopan santun seseorang.

Tapi, tidak jarang kita temui orang – orang yang kurang dalam bersopan santun.
Bahkan orang – orang berpendidikan tinggi dan status ekonomi tinggi pun banyak yang kurang dalam hal bertata krama dan sopan santun. Seharusnya melihat jenjang pendidikan yang mereka tempuh, dan juga tidak jarang berbiaya tinggi, seharusnya mereka menjadi orang dengan kualitas tinggi yang seimbang baik dalam etika maupun kinerja. Kekurangan tersebut malah menjadikan orang – orang tersebut malah terkesan tidak berpendidikan dan cenderung tidak dapat diandalkan. Padahal, kalau saja seseorang dapat mengembangkan dan menerapkan etika tata krama dan sopan santun yang baik justru akan menguntungkan dirinya sendiri.

Dengan menjalani hubungan kerja yang dilandaskan respek dan tata krama yang baik, orang akan lebih nyaman untuk berkerja sama dengan kita

Pentingnya etika dan tata krama dalam kehidupan sehari - hari
Ilustrasi: Pexels

Salah satu contohnya yang mudah adalah di dunia perkerjaan. Dengan menjalani hubungan kerja yang dilandaskan respek dan tata krama yang baik, orang akan lebih nyaman untuk berkerja sama dengan kita. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan kinerja karena kerja sama yang baik, dan bahkan dapat membuka peluang baru dalam karir.

Rasanya percuma kalau ada sesorang dengan IQ tinggi, berbakat, dan ahli dalam suatu kantor apabila tidak dapat menjalin relasi yang baik dengan kolega. Sombong ataupun kasar malah cenderung membuat orang menjauh dan bisa saja menyebabkan karir terhambat.
Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena, manajemen perusahaan tidak hanya menilai sesorang dari kinerja nya, tapi juga dari kerja sama dan perilaku nya. Orang – orang yang kinerja nya biasa saja dan memenuhi kebutuhan perusahaan akan lebih dipertimbangkan dan dipertahankan dibandingkan dengan orang dengan ilmu eksak tinggi tetapi membuat suasana dan kerja sama di kantor menjadi berantakan.

Walaupun akan selalu ada orang yang tidak suka dengan kita, tetapi dengan kita menjaga tata krama dan sopan santun akan menimalisir orang – orang yang memusuhi kita

Pentingnya etika dan tata krama dalam kehidupan sehari - hari
Ilustrasi: Pexels

Yang lebih penting lagi adalah manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari. Dengan kita bersikap sopan dan mempunyai tata krama yang baik akan menciptakan relasi yang baik dengan orang sekitar, dan akan memberikan efek timbal balik yang menguntungkan untuk kita. Baik itu dalam bentuk pertolongan, jaringan relasi yang lebih luas, dan yang terutama adalah menciptakan kehidupan yang tenang tanpa ada yang memusuhi.

Ya, walaupun akan selalu ada orang yang tidak suka dengan kita, tetapi dengan kita menjaga tata krama dan sopan santun kita, akan menimalisir orang – orang yang memusuhi kita.

Baca Juga:

7 hal yang didapatkan dari pendidikan formal

9 perilaku kecil yang berdampak besar pada lingkungan

3 pertimbangan sebelum kita berbicara sesuatu.

Sesuatu  yang sudah dibiasakan sejak dini akan lebih melekat pada kepribadian seseorang

Pentingnya etika dan tata krama dalam kehidupan sehari - hari
Ilustrasi: Pexels

Lalu bagaimana untuk mengatasi kurangnya tata krama dan kesopanan di orang tersebut? Bisa dimulai dengan kebiasaan sehari – hari yang kecil. Coba untuk biasakan menegur orang saat berpapasan, mengucapkan terima kasih saat dibantu, meminta tolong daripada menyuruh, dan berbagai hal lain.
Atau, mungkin bisa juga dengan menjalani kursus kepribadian di beberapa institusi yang memberikan edukasi perilaku. Sebenarnya sudah banyak juga institusi pendidikan yang menerapkan edukasi etika dan perilaku ini di materi pendidikannya. Namun, akan lebih efisien apabila diterapkan secara merata dan menjadi materi wajib untuk semua institusi pendidikan.

Mungkin dengan menerapkan pendidikan etika di program wajib sekolah 9 tahun akan dapat mengatasi masalah ini untuk jangka panjang. Karena, sesuatu  yang sudah dibiasakan sejak dini akan lebih melekat pada kepribadian seseorang, dan akan timbul kemungkinan untuk mempengaruhi orang sekitar atau bahkan diteruskan ke generasi selanjutnya.

Mungkin sebagian besar orang akan menganggap hal ini adalah hal kecil dan sepele, lebih baik mengutamakan pendidikan untuk ilmu eksak. Namun, nyatanya hal kecil ini lah yang dapat menunjang ilmu eksak sesorang agar lebih efisien.
Bagaimana menurut kalian, apakah setuju dengan pentingnya pendidikan etika tata krama dan sopan santun ini?

Comments